Kegiatan Belajar PKn

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) termasuk mata pelajaran wajib yang memiliki arti strategis yang harus diikuti oleh seluruh siswa MTs di seluruh Indonesia. Karena sifatnya sebagai mata pelajaran umum, sering terjadi salah persepsi terhadap tujuan mata pelajaran ini khususnya di kalangan siswa SMP PGRI 8 Malang. Siswa terkadang menganggap kurang penting terhadap penyelenggaraan mata pelajaran ini, sehingga hasil belajar mereka kebanyakan tidak sesuai dengan potinsi yang dimiliki oleh siswa yang bersangkutan. Motivasi dan hasil belajar siswa perlu ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran debat. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui motivasi siswa kelas VIII SMP PGRI 8 Malang setelah melaksanakan pembelajaran dengan model debat dan Mengetahui prestasi siswa kelas VIII SMP PGRI 8 Malang setelah melaksanakan pembelajaran dengan model debat, yang dianggap dapat dicapai melalui penerapan model pembelajaran debat. Metode dan teknik penelitian menggunakan Penelitian tindakan Kelas dengan subyek penelitian berjumlah 37 orang pada kelas VIII SMP PGRI 8 Malang. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa hanya 70,33%, rata-rata hasil belajar baru mencapai 7,01%, sehingga siswa yang telah tuntas hanya mencapai 74,82% dan yang belum tuntas mencapai 16,52%. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar meningkat sampai 85,55%, rata-rata hasil belajar meningkat sampai 7,80%, siswa yang tuntas menjadi 89,96% dan siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan hingga 7,88%. Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.

IKlan 3
Ujian Online
Raport Siswa